BU'UK OBIH

Pada zaman dahulu, penduduk pulau Madura memiliki makanan pokok yang sama sekali berbeda dari penduduk pulau lain. Jika dulu penduduk pulau Jawa makanan pokoknya adalah berbahan padi, maka di Madura penduduknya mayoritas memakan makanan pokok berbahan umbian. 

Salah satu makanan orang Madura yang dibuat dari Umbian diantaranya adalah Bu'uk Obih. Bu'uk Obih ini, merupakan makanan kesukaan orang Madura asli. Saya, misalnya.... :-). Bu'uk Obih ini, menjadi kesukaan saya karena rasanya enak, dan selalu bisa membuatku lupa kalau aku kenyang.

Selain rasanya yang enak, efek kenyang yang ditimbulkan cukup lama. Bisa seharian. Makanya kalau paginya aku sudah makan ini, maka aku tak perlu khatir akan kelaparan meski tidak makan sampe keesokannya lagi. Namun, ya itu, kalo lagi pas berhadapan ma makan khas ini, hem, bisa dipastikan saya akan makan sempe tanpa terasa perut sudah buncit.

Cara bikinnya gampang kok, yang penting ada umbiahnya. Namun meski mudah, di zaman sekarang mulai jarang ditemukan orang Madura yang membuatnya. Karena itu, mereka sekarang lebih tergiur dengan masakan atau makanan dari daerah lain. Salah satu buktinya, masyarakat Madura lebih seka nasi goreng atau Mie instan daripada makanan khas ini.

Kalaupun ada yang masih mengkonsumsinya, itu pun bukan kalangan remaja dan kaum elit beruang. Yang masih mau membudayakan makanan ini, bisa kita lihat di kalangan masyarakat kecil. Itu pun masyarakat sisa jaman dulu. Karena bagi masyarakt kecil-Madura- zaman sekarang, Bu'Uk Obih telah tergantikan dengan Raskin (Beras Miskin) yang kurasa nilai gizinya sangat lebih sedikit dari Umbian. Wallau'alam

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "BU'UK OBIH"

Post a Comment